Monday 17 October 2016

Pengertian Pemrograman Dasar


   Pemrograman Dasar adalah pemrograman yang memberikan dasar-dasar logika dimana sintak-sintak yang diberikan bersifat universal dan lebih mengedepankan pembentukan pola pikir seseorang tentang bagaimana membuat sebuah program yang efektif dan efisien. Pada dasarnya, pemrograman pada tingkat yang lebih lanjut memiliki logika dan cara yang berbeda, bergantung pada programmernya. Mulai dari keberhasilan, efisiensi, dan kepraktisan interaksi dengan user atau pengguna program dipengaruhi oleh algoritma dari programmernya.

Lihat  => Mau Belajar Pemrograman Tapi Mulai Dari Mana? <=

   Maka dari itu, sebelum memulai untuk belajar pemrograman, alangkah baiknya kita terlebih dahulu membentuk pola pikir layaknya seorang programmer. Lalu bagaimana caranya? Untuk belajar pemrograman, harus diikuti dengan keniatan dan yang pasti keuletan untuk selalu mencoba dan berlatih. Oke, langsung saja saya akan sharing-sharing tahap-tahapan untuk belajar pemrograman berdasarkan pemahaman saya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
 1. Algoritma. Algoritma bisa dibilang sebagai pemecahan suatu masalah. Mempelajari algoritma merupakan tahapan paling awal dari seorang programmer. Karena untuk membuat program, maka seorang programmer harus memiliki algoritma dan logika yang benar.
 2. Mempelajari  sekaligus mengaplikasikan bahasa pemrograman, seperti bahasa C, C++. Contoh tadi merupakan contoh bahasa pemrograman yang bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan tinggi, namun cukup berguna jika dipelajari dengan benar. Namun boleh saja jika ingin belajar dimulai dengan bahasa yang lebih mudah seperti C#.
  3.  Memperluas   kemampuan berbahasa  pemrograman,  seperti bahasa Pascal, Java, dan lain sebagainya.

Itulah tulisan-tulisan yang sedikit atau tidak sama sekali bermanfaat yang bisa saya sampaikan. Karena saya sendiri hanyalah seorang siswa yang masih amatiran yang ingin mengembangkan potensinya. Salam hangat dari saya, Happy scripting :VV