Monday 12 December 2016

Apa itu HTML? Dan Bagaimana Strukturnya?



Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan dalam format ASCII normal sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.HTML ditulis secara berurutan menggunakan tag-tag yang menjadi tag pembuka <html> dan tag penutup</html>. perbedaannya hanya terdapat pada penulisan "/" setelah "<" sebagai tanda tag penutupnya.
berikut strukturnya:
  1. <!DocTypeHTML>
  2. <html>
  3.  <head>
  4.   <title>
  5.   </title>
  6.  </head>
  7.  <body>
  8.  </body>
  9. </html>
dari stuktur diatas selalu diawali dengan tag pembuka seperti: <html>, <head>, <body>, dan <title>. untuk tag penutupnya seperti </html>, </head>, </body>, dan </title>.

Fungsi-Fungsi Tag
  1. Baris nomor 1 merupakan tag untuk memberi catatan tentang jenis HTML yang digunakan dan bersifat opsional
  2. Baris 2 dan 9 membuat html-nya.
  3. Tag Head berisi tag title atau membuat bagan atas HTML yang biasa diisi dengan CSS tertentu sesuai dengan style halaman web-nya.
  4. Tag <title> berisi judul yang akan ditampilkan pada tab browser
  5. Tag <body> berisikan muatan-muatan dalam HTML atau isi dari tampilan sebuah web, seperti postingan di blog-blog.
Oke sekian saja untuk pertemuan kali ini, karena ini masih awal, masih banyak tag-tag yang harus dipelajari dan jangan menganggap hal ini mudah:D Heil Hitler! Hydra!

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan komentar